Tantangan Kesabaran


Setiap harinya kita diberi kesempatan untuk (masih) menjalani hidup. Dan jujur, ada begitu banyak hal yang patut disyukuri. Either itu menyenangkan atau memprihatinkan..hehehehe… Saya masih ingat.. seperti yang disampaikan oleh Dalai Lama, “Kamu harus berterimakasih pada orang-orang yang telah memberikanmu kesempatan untuk belajar bersabar, meskipun perlu melalui hal-hal yang menyebalkan”🙂 Yaaa.. karena “menyebalkan” atau “menyenangkan” merupakan hasil dari proses persepsi dan penilaian kognitif kita sendiri.. ya ga?🙂

Sudah biasa kalau dalam dunia kreatif, ide-ide harus terus bermunculan.. back plan harus selalu disiapkan… berbagai opsi dijadikan penawaran.. demikian juga saat saya mengerjakan sebuah gelang, pesanan seseorang di Palembang. Dari awal, saya sudah menebak bahwa ybs adalah tipe konsumen “labil” ee ternyata beneran..😦

Labil gimana?

Labil karena ga mau mengambil keputusan sendiri.. saat saya tanya, “Mau model apa?”, yawabnya, “Apa yang bagus? yang banyak disenengi orang yang gimana?” trus saya probing, menanyakan gelangnya untuk siapa, bagaimana karakter calon pemakainya, warna favorit, usia.. maka dijawablah, gelang ini untuk sang kekasih🙂 Lalu, setelah saya kasih liat gambar produk, ybs mulai bisa menjawab, “Persis kayak ini (menunjuk pada gambar produk saya yang sudah sold) tapi batunya warna hijau bisa ga?”, duuuh… saya paling nggak bisa replikasi😦 Lalu saya jelaskan bahwa untuk SAMA PERSIS tidak memungkinkan. Saya pilihkan kombinasinya bahanya, saya kirim foto bahan via bbm… oke, deal. mulai saya kerjakan…

 

dicky3

Setelah itu, muncul banyak komentar… antara lain, “bagus ga buat tangan pacar saya?”, “kata temen saya, itu kebesaran batunya”, “batunya itu hijau nggak sih?”..oke respon saya kemudian memberikan opsi, saya berikan gambar dari sudut pandang lain, sehingga beliau dapat membayangkan seperti apa produk ini..

dicky2

dicky1

Masih aja ribet, minta batu yang lebih besar, kawat ganti perak… sampai saya tahan dongkol nih, saya tanyakan, “Sebenarnya yang kurang berkenan di mana nya dan ada masukan apa… jangan berubah-ubah nggak jelas, maaf itu malah bikin saya bingung”😦

Akhirnya, setelah dua hari intens bbm.. keluarlah statement ingin batu utama yang lebih kecil.. saya bikinkan..

dicky4

Batu yang sebelumnya saya jadikan liontin.. ee.. masih aja pertanyaan, “Pas nggak sama pacar saya? bisa dipakai sehari0hari nggak?” Yeeee..meneketehe! Seperti itu kan selera ya.. harusnya doi dong yang lebih tahu pacarnya style-nya kyk mana..hiks hiks.. saya jawab aja, “Kalau dari sisi saya sebagai pembuat, secara objektif sudah saya desainkan yang ergonomis, nyaman dipakai, kokoh, warna sesuai, dsb. Tapi kalau masalah selera, itu subjektif, saya ga bisa pastikan.” Kalimat pamungkas akhirnya keluar juga, “Kalau memang nggak sreg, boleh kok dicancel.. daripada nanti menyesal dan membicarakan hal negatif ttg saya dan produk saya di belakang.” Diem deh dia…

Dibuang sayang, batu yang lebih besar saya tawarkan sebagai liontin.. sapa tahu ada yang berminat.. atau bisa juga dijadikan bros, nanti tinggal saya pasangi peniti di bagian belakangnya..

dicky5dicky6

Ehmm keesokan harinya, doi mengabari kalau sudah transfer sejumlah uang sesuai dengan harganya.. eh ternyata sama doi dilebihin 8rb! Saya tanya, “Kok nggak dipasin aja transfernya? kan bisa?”, dijawab singkat “Ga papa.”

Yeeeee!!!!

Saya nggak mau dong, maksudnya apa coba? uang lelah? nggak gitu juga kaleee hehehhhee.. saya nggak mau berhutang. Pengennya semua klir, jelas, beres, tuntas.. sebenarnya saya nggak mau jadi pihak yang subordinate.. lalu saya bikinin deh anting-anting.. terserah mau dipake atau ga.. sebenarnya nilainya tentu lebih dari 8rb, tapi nggak papa..saya bener-bener ikhlas…plong! Itu hadiah buatnya karena sudah memberikan pelajaran ttg kesabaran pada saya😀

dicky7

Semoga ga ribet lagi dah! Fiiuhhh…😀

 

Leave a Reply

