Dasar Kutu Loncat!


Hahaha.. bener nggak siiih analoginya kalau saya pake istilah “kutu loncat” ini?

Sepagian hari Jumat ini saya berada di “penthouse” membaca paper-paper tugas mahasiswa di kelas Isu-isu Psikologi Klinis… dari 6 orang mahasiswa yang tersisa -awalnya ada 9 orang mahasiswa yang mendaftar untuk matakuliah ini- ada 6 topik pula yang diusung. Semuanya menarik! Dhiiiiieeeng!!

Nah, setiap membaca satu paper, saya sambi juga dengan googling key word-key word yang terkait dengan topik yang tertulis dalam paper tersebut.. dilanjutkan dengan mencari artikel-artikel jurnal penelitian di internet, lanjut dengan dibuka-buka, dibaca-baca, berakhir dengan mimpi-mimpi: “Wah ini bagus kalau saya teliti lagi”, “Hmm topik ini sangat menarik untuk diperdalam”, “Wow, saya perlu belajar statistika lagi nih biar pinter olah data”, “Waduh kalau begitu, sebenarnya saya mau mengarah kemana sih?”

Dan berlanjut pada kepuyengan tingkat dewa…hahahahhaa..sampai lupa nggak makan siang! Padahal…sudah nyaris ambruk karena semalam tidur kurang optimal plus tanpa sarapan.. #dan saya sungguh berharap, dengan begini saya bisa kurusss!!!

Topik 1: Romantic Jealousy –saya banget tuh, awalnya kan saya memang tertarik dengan konseling keluarga dan perkawinan…

Topik 2: Internet Addiction Disorder –wah, menarik ini kalau saya teliti dan saya padukan dengan variabel lain, dalam kerangka pengembangan kesehatan mental berbasis sekolah.. rasionalnya, anak muda sekarang kan gadget minded, well most of them🙂

Topik 3: Relasi interpersonal dan Psychological Well-being –baru saja kemarin saya mendampingi mahasiswa bimbingan saya dari Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FK, dalam seminar proposal tesis dengan topik Kesejahteraan Subjektif… dan Relasi Interpersonal…hmmm…sesuatu yang menggiurkan!

Topik 4: Stress-related growth pada penderita diabetes mellitus tipe 2 –well, ayah saya saat ini sedang berjuang menghadapi diabetes…

Topik 5: Intensitas menonton film drama dan regulasi emosi –sebuah ide segar juga! Regulasi emosi adalah salah satu topik yang menggiurkan untuk didalami..

Topik 6: ??? –nggak ada, karena mahasiswa saya nggak ngumpulin tugas! Blah! Oke, coba nanti saya sms dia buat ngecek, jangan-jangan dia nggak paham instruksi untuk mengumpulkan tugas akhir miniriset ini pas jadwal ujian akhir semester.. sayang kalau sampai dia nggak ngumpulin, secara anaknya cukup rajin masuk kuliah.

Okeeee.. terpicu dari lima topik itu, sepagian ini saya sudah membaca beberapa artikel tentang romantic jealousy, interpersonal relationship, emotional regulation, dan relationship closeness. Puyeng tapi seruuuuuu…!!! Dan jadilah saya, “kutu loncat” yang menclok dan mlumpat kesana-kemari… saya merasa beruntung masih punya waktu untuk membaca dan belajar… no need to say the rest of things I do not expected, just be grateful of things I have earned on my hand, so far🙂

So, folks… let me say something.. whatever you are doing right now, do it with passion, so you will find the joy!

langgeng

langgeng2

bungah

bungah2Seperti seri bros Tahun Baru ini… Langgeng dan Bungah… bila disatukan adalah Langgeng Bungah, yang artinya adalah bahagia selalu alias happily everafter🙂

Be Happy, and Be Productive!

Leave a Reply

