The Sunflower


sunflower

Sesuatu banget, bunga ini.. nggak nyangka, it will be turned out this great🙂

Ini adalah bunga matahari yang dipesan oleh seorang kawan -mahasiswa saya, tepatnya- yang memang sukaaaa sekali dengan bunga matahari. Sebenarnya nggak terlalu mirip juga ya, secara itu mahkotanya nggak kuning semua..alias nggak terisi batu semua.. saya cuma punya batu kuning itu 5 biji doang sih.. hehehe…

Kok ya pas gitu.. pas wiken kemarin banyak merenungi the worst thing happened this year, nah yang terjadi kemudian, saya seolah bertemu dengan hal-hal berbau SRG -stress-related growth- dan PTG -post-traumatic growth- dalam 3 hari terakhir ini…

Saya kemudian mencermati pengalaman tsb, apakah mungkin the worst thing itu menjadi sarana saya naik tingkat mencapai PTG? Yup, kejadian itu traumatik banget nget..untuk seorang perempuan. Hehehe, ga perlu kepo ttg apa yang terjadi yaa.. hahahhahaaa…

Sulitnya menghadapi pengalaman traumatik adalah menghilangkan kilasan-kilasan imajinal yang muncul terkait peristiwa traumatik itu.. and that’s hurt! Namun kemudian, sahabat saya berkata… setidaknya kamu masih punya harapan. So, raise the hope, for God sake!

Lalu, saya seolah mendapatkan AHA!!

Saya memang harus melalui proses ini. Sudah terjadi, nasi sudah menjadi bubur. Hal yang bisa dilakukan adalah membumbui bubur itu sehingga saya dapat memakannya dengan lahap, alih-alih membiarkannya dingin dan semakin mual bahkan sebelum memakannya.

raising hope is a part of raising growth

Bisa dimulai dari diri sendiri…

Itu lah jawaban yang saya sampaikan pada mahasiswa di kelas Integrasi Psikologi, saat menggantikan Bu Sofie, hari Senin siang kemarin..dan yang saya sampaikan kepada seorang teman, saat ia bertanya di Facebook, “bagaimana bisa kita memaafkan diri sendiri dan melepaskan diri dari rasa penyesalan?”

Gee.. and I’m talking to my self, either…😀

That’s life, dude!

Leave a Reply

