Copper oooh Copper


Baru selesai tadi pagi nih… berhubung kemarin seharian ngampus, jadinya sama sekali nggak sempat nyentuh kawat🙂

Sebenarnya bros ini sudah lama ada, tepatnya pas liburan lebaran kemarin, tapi baru beberapa hari mendapatkan pencerahan untuk menyelesaikannya… *lebih tepatnya sih membuat dia lebih rame*

Awalnya, seperti inilah bentuk bros ini… ( http://www.facebook.com/photo.php?fbid=308205289278167&set=a.113689088729789.17864.113664768732221&type=3&theater )

Lalu… saya melakukan eksperimen lagi kali ini… yap! Bikin acara bakar-bakaran lagi! Kali ini bukan barbekyu daging lho, tapiiiiiiii ngebakar kawat tembaganya… Saya lagi keranjingan bakar-bakar ni. Sebenarnya agak telat, karena temen-temen wire worker udah lama bikin isu bakar-bakaran ini di FB dan di blog masing-masing.. heeee…

Saya gimana nih ngebakarnya?

Sedikit bocoran, saya ini seniman kere… berusaha memanfaatkan apa yang saya punya untuk berkarya. Jadi, alih-alih memakai kawat bare copper, yang mana harus saya beli dulu, saya lebih milih pake kawat tembaga lapis yang kemudian saya bakar lapisannya.. Ngebakarnya juga diatas kompor karena saya belum ada budget buat beli torch..

Pada beberapa bagian, saya bakar… trus didapatlah warna kehitaman itu akibat proses oksidasi🙂

Ada dua tipe bakaran yang sudah saya uji coba… 1) ngebakar kawat dulu baru dibentuk, atau 2) dibentuk dulu baru dibakar.

Kalao dibakar dulu baru dibentuk, warna tembaganya bisa merah bagus, sedangkan kalau dibentuk dulu baru dibakar, akan ada bagian hitam-hitam yang lengket dan susah dibersihkan, yaitu bagian lelehan enamel yang nggak bersih sewaktu dibakar.

Kalau difoto akan terlihat…

Hehehheee… gimana?

Saya tau dari diskusi temen-temen FB kalo ada cairan kimia yang membantu proses oksidasi, dan ada juga cairan kimia yang dipake buat proses finishing, atau polishing gitu… tapi ya gitu deh, saya seniman minimalis, nanti deh kalau sudah ada dana, saya anggarkan untuk ujicoba yang lebih “sesuai” dengan pakem. Sementara ini, polishingnya pake kertas amplas dulu🙂

 

Well… berkesenian itu tidak harus mahal kan????😀

Leave a Reply

