Coba-coba Berhadiah


Ini nih hasil kejahilan saya di akhir pekan ini…

Setelah melalui pekan yang mendebarkan dengan sakitnya Kiddo dan hecticnya urusan kampus, saya menutup pekan terakhir Agustus dengan sebuah karya yang spektakuler *maaf, saya memakai prestasi saya sendiri sebagai tolok ukur, nggak ngebandingin sama siapa-siapa gitu..*

Awalnya, saya melihat postingan seorang kawan yang “menceritakan” proses oksidasi kawat tembaga lapis (enameled) trus jadi kepikiran untuk nyoba sendiri. Hari Jumat itu udah mau nyoba, tapi eh pas nyari palu, ternyata nggak ada…lagi dibawa sama suami saya buat bebenah kios baru kami… weks, ga jadi deh, yang ada malah nggondok sendiri.

Alhamdulillah keesokan harinya percobaan ini bisa dilakukan…

Konsep awalnya begini, bikin anting yang sekaligus satu set sama kalung gitu… ini gambarannya mau bikin anting sama pendant buat kalungnya🙂

Trus, bagian rantai kalungnya, sengaja saya buatin satu persatu ornamen tembaganya… termasuk ring untuk nyambungin masing-masing bagian kecil tersebut. Saya menggunakan batu green jade *itu yang ijo kekuningan*, black onix, dan carnelian.

 

 

 

 

 

Seneng deh liatnya…

Dan, saya pikir gaya moto saya nih lumayan artistik juga nih, walaupun cuma pake kamera hp N73 kesayangan… Saya sangat berharap suatu saat nanti bisa beli kamera beneran yang bisa bikin foto-foto yang ciamik punya… hmmm, alangkah senangnya kalau bisa gitu!!

Gimana itu cara buatnya?

  1. Pertama, kawat enameled saya bakar diatas kompor yang menyala, sampai mengelupas itu lapisan yang mengkilap.
  2. Setelah dibakar kan jadi gosong tuh, lalu saya ampelas deh sampe keluar tone warna merah tembaganya.
  3. Oya, sebelum saya bakar, kawat enamelednya saya bentuk dulu sesuai keinginan saya, baru setelah dibakar saya gepengin deh pake palu, digosok lagi pake ampelas yang lebih halus sebagai finishing🙂

hehehe, ini tahapan ala saya lho ya, trial and error… saya juga nggak tahu sebenarnya yang “benar” itu gimana, heheheheh… besok kalau nyoba lagi mungkin bakal nemuin trik yang baru lagi…🙂

Semangkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa😀

Tapi ya gini nih, warna tembaga… apalagi yang dioksidasi, pasti item-item gitu… tapi seksi kan? :p Kalau mau kinclong lagi ya diamplas lagi, pake kain wol bisa juga…

Nah, ini kelihatan kalau handmade nggak? Coba deh diamatin dah!😀 Trus kasih masukan yaaaa… maklum, namanya juga nih coba-coba🙂

Leave a Reply

