Knowing yourself: Easy to say, hard to do


“Siapakah anda?”

Nah, bagaimana anda akan menjawab pertanyaan tersebut? Dengan menyebutkan nama? Menyertakan curriculum vitae lengkap? Atau menyebutkan silsilah keturunan?

Saya tergelitik untuk membahas hal ini ketika saya seringkali menemukan gambaran diri yang dituliskan oleh teman-teman pemilik akun facebook ketika saya melakukan wall-walking😀 Hehehe, iseng ya wall-walking ke akun mereka sekedar melakukan “investigasi” kecil-kecilan. Kebanyakan dari mereka sulit sekali menggambarkan diri mereka dalam fitur basic information >> about you. Secara garis besar banyak yang menuliskan: orang biasa, bukan siapa-siapa, saya adalah saya, ordinary man/woman, ibu rumah tangga biasa, pekerja biasa, dst. yang terkesan biasa-biasa saja.

Ada yang salah dengan hal itu?

Nggak ada yang salah sih, hanya saja, saya menangkap bahwa kebanyakan dari kita mengalami kesulitan untuk menggambarkan diri kita kepada orang lain, terutama dalam penggambaran sifat/karakter. Mungkin kita akan lebih mudah menggambarkan diri melalui penampakan fisik, misalnya: saya yang gendut, si A yang rambutnya panjang, si B yang tubuhnya tinggi, dst.

Coba kalau anda mendapat pertanyaan begini,
“Bagaimana anda dapat menggambarkan diri anda dalam 5 kata sifat?”

“Susah atau gampang menggambarkannya?”

“Kata sifat apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda?”

“Butuh berapa menit untuk menemukan 5 kata sifat tersebut?”

Sudah terjawab kah pertanyaan saya?

***
Kalau anda diminta untuk mengenali diri sendiri, reaksi anda mungkin begini, “Ya begini lah saya.”
Jika sebatas kata-kata, akan sangat mudah. Yang sulit adalah “BENAR-BENAR MENEMUKAN SIAPA DIRI SAYA”
Menemukan dan menerima setiap bagian dari diri, termasuk bagian yang selama ini dipendam atau ditolak.

Contohnya: Saya akan merasa agak gimaaanaa gitu (malu, sedih,bete) kalau menyebutkan fakta bahwa berat badan saya searang 70kg. Hmm..ini saja fakta fisik ya yang jelas kelihatan, lantas apa yang saya rasakan ketika saya menemukan bahwa saya punya sifat mudah iri ketika melihat keberhasilan orang lain?

Sifat negatif memang ada lho, dan itu termasuk ciri pribadi kita, misalnya: mudah marah, pendendam, tukang ngiri, sulit memaafkan, pelit, serakah, takut, pengecut, agresif, suka menyakiti diri sendiri, dst.

Seringkali sifat negatif ini kita tekan sedemikian rupa, karena ya negatif… mana ada sih yang mau meyimpan keburukan? Bahkan alam bawah sadar kita pun melakukannya.

Menurut teori Freud (Sigmund Freud, pakar Psikoanalisa), dalam diri manusia ada 3 bagian diri yaitu id, ego, dan superego. Id adalah dorongan instingtif, hawa nafsu, keinginan yang menuntut pemuasan. Ego adalah cara yang kita pikirkan untuk memperoleh pemuasan id. Superego adalah nilai-nilai moral, nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai siritual yang menjadi pengaman setiap langkah ego dalam memuaskan id.

Nah, yang sering kita tekan adalah id ini. Kita tidak mau mengakuinya. Contohnya gini, “Malu ah, saya kan pake jilbab, masak saya gampang nepsong kalo liat cowok sixpack telanjang dada.” Hahahahhahahaaaaaaa…

Dengan sedikit demi sedikit, membuka lembaran demi lembaran “lapisan kulit bawang” kepribadian kita, kita bisa semakin mengenal siapa kita yang sebenarnya.

Manfaatnya apa sih?
Mengenal diri akan membuat kita akrab dengan diri kita, mengetahui apa yang kita inginkan, mengetahui hal-hal yang kita sukai dan tidak, membantu kita menghadapi pergolakan hidup, membuat kita lebih tangguh (meskipun sendirian tanpa orang lain yang menemani), menghindarkan kita dari perasaan bingung dan kesepian, mendorong kita untuk lebih berkembang secara spiritual.

Tidak percaya?

Coba aja deh, mulai dari sekarang belajarlah mengenali dirimu yang sesungguhnya.

Kalau kata Peter Pan sih, BUKA DULU TOPENGMU😀
Ngupas “kulit bawang” emang bikin perih sih, tapi kalau sudah jadi bawang goreng, gurih kok… *hehehe

Leave a Reply

