Jilbab Cantik Kreasi Sendiri


Untuk membuat jilbab cantik seperti yang dijual di toko jilbab dan perlengkapan muslimah, sebenarnya tidak sulit lho… Apalagi kalau kita punya kreativitas dan waktu untuk menuangkan ide di kepala menjadi sebuah karya.

Saya membuat jilbab-jilbab ini setahun yang lalu, menjelang pernikahan saya. Saya sengaja membuat dua jilbab putih berhias ini, satu untuk ibu saya, satu lagi untuk (calon) ibu mertua saya.

Nah, untuk membuat jilbab, yang diperlukan adalah:

  1. Kain polos, pilih yang teksturnya sedang, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Jilbab/kain paris yang lagi nge-tren itu bisa juga dipakai, tapi pilihkan kain paris yang sedikit lebih tebal dari yang banyak beredar di pasaran. Anda dapat membelinya di toko kain, bukan toko jilbab.
  2. Alat-alat jahit, terutama alat jahit tangan. Nggak perlu mesin jahit, maksud saya. Cukup jarum dan benang. Untuk benang, pilihlah sesuai warna kain, atau warna payet yang akan dipasang juga boleh.
  3. Payet aneka ukuran dan warna. Nah, untuk yang satu ini, proses pemilihannya memang memerlukan kreativitas, karena kita sudah harus dituntut untuk memiliki konsep gambar apa yang akan disulam dan warna-warna apa saja yang diperlukan. Saya lebih memilih payet jepang, meskipun harganya lebih mahal, namun kualitas yang ditawarkan juga lebih bagus.
  4. Pensil untuk menggambar pola di atas kain. Hal ini membantu kita untuk tetap fokus pada gambar yang akan disulam, sesuai dengan konsep yang sudah kita tentukan.
  5. Niat, tenaga, dan waktu. Kalau nggak ada ketiga hal ini yaa nggak bisa bikin jugaa kaleee…

Dengan demikian, urutan pengerjaannya adalah sebagai berikut:

  1. Bikin konsep dulu. Bajunya berwarna apa, ingin membuat jilbab seperti apa, gambarnya bagaimana.
  2. Setelah itu, pergi ke toko kain. Pilih kainnya, beli sesuai kebutuhan, lebih baik kalau panjang dan lebar kain disamakan. Kebanyakan kain berukuran lebar 1,15 m jadi lebih baik beli juga sepanjang 1,15 m. Hasilnya akan berupa bujur sangkar persis, jatuhnya akan bagus ketika jilbab dipakai.
  3. Pergi ke toko alat jahit. Biasanya, di sana sudah tersedia alat-alat jahit komplit dengan segala pernak-pernik, seperti payet, korsase, pita, dll sesuai dengan yang kita inginkan dan butuhkan. Kita tinggal pilih dan beli๐Ÿ˜€
  4. Gambar pola di atas kain dan mulailah menyulam. Proses inilah yang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Tapi, kalau namanya udah niat ya pasti dijabanin, kan pren?๐Ÿ˜€
  5. Setelah selesai menyulam, jangan lupa untuk menjahit pinggiran kain jilbab, biar nggak mbrudul. Kalau punya mesin jahit, boleh dijahit tipis bagian tepinya, kalau nggak punya bisa dibawa ke tukang jahit/toko alat jahit –banyak juga yang menerima jasa menjahit pinggiran jilbab)– untuk diobras (apa ya istilahnya untuk obras warna? di neci ya?? kalau saya biasanya udah langsung pake kode kedip-kedip sambil nunjukin jilbabnya ke penjaga toko hehehehe..)

Jadi deeeeehh….

Bagi saya, membuat jilbab sendiri dapat menghemat uang lho… karena setelah dihitung-hitung…jauuuuuuuh lebih murah daripada membeli jilbab jadi di toko jilbab. Dan lagi, kalau kita bener-bener berkreasi bikin gambar sendiri (nggak nyontek), pastinya jilbab buatan tangan kita nggak bakal ada yang nyamain…๐Ÿ˜€

Tapi yaaa suka-suka orang yaaa… silakan disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing deh, kalau gitu…

Sekali lagi, saya hanya “melemparkan” wacana… *hahahhaha, niru istilah para politisi nih๐Ÿ˜›

4 thoughts on “Jilbab Cantik Kreasi Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s