How to Keep Your Stuffs Safe


Ide penulisan note ini datang dari seorang konsumen saya yang bertanya, “Bagaimana sih cara menyimpan dan merawat aksesoris yang tepat?” Nah, saya jadi kepikiran deh, kenapa nggak di-share aja ya pengalaman saya ini…

Tidak 100% mutlak terbukti benar (menurut penelitian) sih, dan saya juga tidak menganjurkan untuk diikuti semuanya…minimal dapat digunakan sebagai wacana aja dah… –otak akademisi sulit ilangnya nih, apa-apa harus evidence-based. Incase, you will need it someday😀

Oke, kita mulai aja…

Temen-temen, silakan diinventaris dulu aksesoris koleksinya apa aja… ada gelang, kalung, bros, anting? belt manik-manik punya juga?

  1. Kalau temen-temen mengkoleksi anting, boleh naruh anting-anting yang sering dipakai di tempat gantungan anting, seperti ini… Agar tak berdebu, tempat gantungan ini bisa ditutupi dengan kantung plastik yang sesuai dengan ukuran gantungan. Keuntungannya, selain bebas dari debu, kita tetap bisa melihat anting-anting yang dipajang disitu sehingga memudahkan kita sewaktu memilih anting mana yang hendak kita pakai😀. Untuk anting yang jarang dipakai, kita dapat menyimpannya di plastik wrap yang ada klipnya… Cara menyimpan di dalam plastik ini bisa juga digunakan untuk menyimpan gelang, kalung, bros, atau aksesoris lain. Tinggal sesuaikan ukuran plastik dengan ukuran barang yang hendak disimpan.
  2. Untuk kalung, teman-teman dapat menggantungnya di tempat gantungan kalung. Sayang saya tidak punya gantungan kalung jadi saya tidak bisa menampilkan gambarnya di sini.
  3. Untuk menyimpan bros yang sering dipakai, teman-teman dapat menggunakan kontainer kecil yang muat untuk 1-2 bros (tergantung ukuran). Saya punya kontainer kecil yang bersusun, jadi sangat memudahkan saya…efektif dan efisien😀 kontainer ini juga dapat digunakan untuk menyimpan gelang yang sering kita pakai lho… bisa buat nyimpan peniti-peniti, jarum pentul, paniti paku, dll pernak-pernik yang biasa kita pakai. Anda bisa mengalasi kontainer dengan tisu atau membungkus aksesoris dengan tisu untuk meminimalkan gesekan yang dapat menggores aksesoris.
  4. Perhatikan bagian aksesoris yang rentan mengalami kerusakan.  Lebih baik memiliki beberapa buah aksesoris agar pemakaiannya bisa bergantian, sehingga keausan bagian yang rentan itu dapat ditunda lebih lama. misalnya bros ini… Ini bagian depan bros yang sering kita lihat… perhatikan bagian belakangnya… Bagian yang saya lingkari dengan warna kuning adalah bagian tuas peniti yang seringkali lepas akibat pemakaian bros yang terlalu sering. Jadi, lebih baik punya banyak bros…hehehehheee…tapi tetap sesuaikan dengan koleksi busana/jilbab kamyu yaaa… Ini berlaku juga buat gelang dan aksesoris yang lain, kalo bisa jangan cuma punya satu, hihihihihiiii…..😀
  5. Hindari mencampuradukkan aksesoris yaaa… selain ribet sewaktu kita memilih atau hendak memakainya, tumpukan/gesekan langsung pada aksesoris dapat merusak aksesoris itu sendiri. Sayang kan? Nah, kalau aksesoris hendak disimpan dalam waktu yang cukup lama, setelah dibungkus dengan plastik klip, kamyu bisa menyimpannya di boks khusus untuk aksesoris. Pasti rapi dan menjaga aksesoris kesayangan tetap awet. Boks tembus pandang pandang seperti ini akan sangat membantu kita karena tanpa perlu membuka tutupnya, kita sudah dapat memperkirakan barang-barang apa saja yang ada di dalamnya😀
  6. Kalau punya dan menurut kamyu perlu, boleh juga naruh silica gel di kotak penyimpanan tersebut. Sapa tahu bisa menambah umur si aksesoris.
  7. Kalau ngebersihin aksesoris tertentu, khususnya yang dikombinasikan dengan logam, jangan pake air yaaaa… takutnya nanti terjadi korosi alias berkarat. Lebih baik di-lap aja dengan tisu atau kain halus😀 Disayang-sayang laaaahh…
  8. Uhmm…kalo bisa, jangan terlalu overestimate pada aksesoris –murah– kamyu yaaa… Harap dimaklumi, kalau setelah setahun atau dua tahun, aksesoris itu akan mengalami perubahan warna (luntur), terlihat lecek, berkarat, dsb. meskipun ia sudah disimpan dengan baik. Oksigen dan kadar air yang ada di udara yang kita hirup dapat mempengaruhi kondisi aksesoris, baik itu yang berbahan campuran logam seperti kalung, gelang, bros atau yang berbahan campuran kayu, batu, dan lain-lain. Ada satu saran jitu untuk menghindari keausan perhiasan… well, go buy some diamonds or gold bars! I guarantee, they will last forever… hehehehehee…

Begitulah, fellas… yang penting adalah bagaimana agar pernak-pernik itu mempercantik dir dan hidup kita, bukan sebaliknya, bikin tambah ribet bin ruwet karena cara penyimpanan dan perawatan yang nggak oke…

Jadi, kalau umur aksesoris kita bisa diperpanjang, kita bisa lama juga kan menikmati keindahan mereka😀

Sip!

Silakan mencoba…

C U next time

2 thoughts on “How to Keep Your Stuffs Safe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s