History


–This note is taken from my old note (written at about more than a year a go) on my facebooke page, titled “a History“–

 

Saya baru saja selesai melihat film yang ditayangkan di sebuah tv swasta nasional. Film itu berjudul National Treasure, buatan tahun 2004 (kalau saya tidak salah mengartikan angka romawi MMIV, hehehehe). Tokoh utamanya Nicholase Cage. Kalau menurut saya, genre film ini termasuk adventure yaa.. ceritanya tentang perburuan harta karun.

Nick Cage dalam film ini berperan sebagai Benjamin Gates, seorang mantan anggota angkatan laut AS yang mengusai dan memiliki ketertarikan khusus pada sejarah. Telah turun temurun dalam keluarganya (sejak kakek, Thomas Gates). Ia berupaya keras untuk memecahkan teka-teki untuk menemukan petunjuk menuju harta karun tersebut. Sampai pada akhirnya, Ben menemukan bahwa salah satu petunjuk ada di balik dokumen pernyataan kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence).

Singkat kata, ia kemudian berhasil menemukan lokasi harta karun tersebut. Tentunya tidak mudah, karena ia juga harus melawan seorang mafia, Ian, yang juga mengincar harta tersebut, dan pihak FBI yang mendakwanya sebagai pencuri dokumen negara nomor wahid. Ia berhasil menemukan bahwa harta karun tersebut tersimpan 5 kaki di bawah sebuah gereja di Broadway, yaitu Trinity Church.

Yang membuat saya terpesona adalah:

  1. Semua artefak yang dilibatkan dalam film ini, baik otentik maupun tidak, tetap terlihat keren! Saya suka sekali.. seperti halnya di film Da Vinci Code atau Angel and Demon.. yang menunjukkan master pieces dari orang-orang hebat dalam sejarah. Termasuk sistem penataan ruang bawah tanah, pintu-pintu rahasia yang menggunakan kunci-kunci rahasia yang bahkan tidak nampak seperti kunci, sistem elevator hidrolik buatan tangan, dll, dll.. which are absolutely cool..
  2. Nilai historis dari masing-masing artefak dan situs bersejarah.. dan saya salut pada Pemerintah sono yang menjaga dengan sepenuh hati harta peninggalan nenek moyang yang tiada duanya tersebut. Dibandingkan di negara kita, eehmmm… kita tertinggal jjjaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuhhhh….
  3. Fakta bahwa kemudian Ben tidak menginginkan lagi harta yang telah menjadi obsesi hidupnya selama bertahun-tahun untuk diberikan pada negara. Padahal harta yang tersimpan sangat-sangat-sangat berharga, yaitu peninggalan bangsa Mesir Kuno, dan bangsa-bangsa lain yang kunonya bahkan tidak bisa kita bayangkan.. Sebelum Masehi gitu… Tidak banyak manusia yang mempunyai jiwa seperti itu. Even dia adalah tokoh dalam film, saya salut padanya, dan harusnya yang demikian itu dapat menginspirasi banyak orang, untuk tidak menjadi orang yang serakah.
  4. Nilai (value) yang disampaikan oleh agen kepala dari FBI (yang sebelumnya hendak menangkap Ben), saya lupa namanya. Dia berkata bahwa ada harta yang terlalu berharga untuk dimiliki oleh perseorangan, harta itu adalah milik seluruh umat manusia. Mostly, isi dari harta itu adalah ilmu. Dan memang, dalam ruang penyimpanan harta, kebanyakan yang ditemukan adalah catatan-catatan lama dalam lembaran papyrus, dan ruangan tsb. jadinya seperti perpustakaan🙂 Kalau sudah begitu, jangan sampai lah diperebutkan.. malah akan menghancurkan ras manusia sendiri.

Intinya apa ya???

Saya hanya ingin menyampaikan bahwa kita perlu belajar sejarah. Bukan untuk mendapatkan nilai yang bagus di rapor atau memenuhi tugas dari guru sejarah.. tapi karena ada banyak nilai-nilai yang jauh lebih penting yang dapat kita ungkap dari pembelajaran masa lalu itu.

Di jaman dahulu kala, para nenek moyang kita sudah menemukan banyak hal sebagai teknologi dasar yang membentuk peradaban kita saat ini, maka sesungguhnya tidak pantas lah kita menyombongkan diri sebagai generasi milenium bila kita tidak menghargai dan mengapresiasi leluhur kita.

Saya berbicara atas nama ras manusia. Tidak hanya bangsa Indonesia saja lho, tapi seluruhnya.. semua manusia yang ada di bumi. Sebenarnya apa sih sekat di antara kita? we all human being, human race.. seperti kata Jacko, it’s no matter if you black or white.. (yiihiiiiiiiiiiii….!!!!!!). Dan akan lebih baik kalau kita bersatu.. Lho, itu kan slogan Miss Universe to? “WORLD PEACE”

Saya terlalu banyak bicara yaa, hahahahhaa..

Saya cuma mau bilang, manusia sekarang jangan sombong dulu bila belum belajar tentang sejarah nenek moyang.. belum belajar mengetahu asal-usul, belum belajar mengenali peristiwa, belum belajar menghargai upaya mereka.. Saya rasa, ini semua dapat mengasah kepekaan kita untuk menghadapi pelbagai keadaan dengan segala pergolakannya sehingga tidak menjadi tergesa-gesa menyikapinya.

Sedikit pesan jangan laaahhh mudah terpancing isu yang memprovokasi bangsa (untuk bermusuhan dengan Malaysia) sebelum kita benar-benar paham duduk permasalahannya seperti apa. Semuanya harus dihadapi dengan kepala dingin ya.. seharusnya seperti itu.. Ada hal yang jauh lebih esensial daripada yang kita lihat dengan mata telanjang kita ini atau yang kita denger dengan dua telinga kita ini. Jauuh di balik itu semua.. tak banyak yang mau melihatnya, tak banyak yang mau mendengarnya.

Dari film yang baru saya tonton itu, saya jadi tergelitik.. ada banyak metafora dalam kehidupan kita ini yang sebenarnya adalah teka-teki, bagi mereka yang “jeli” tentunya akan selalu ada “jalan” untuk dilalui dengan ringan hati.. karena prasangka sesungguhnya hanya akan menjerumuskan diri sendiri.

Itu menurut saya…
Kalau pendapat anda berbeda, tentu boleh saja..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s