Basic Make-up


Nah, ini nih… Saya selalu yakin bahwa sebenarnya prinsip merias wajah tidak jauh berbeda dengan kegiatan melukis. Hanya saja ini yang dilukis adalah wajah manusia dengan media pewarnanya berupa alat-alat tata rias😀

Sebagaimana kegiatan melukis, kita jelas perlu menyiapkan media yang akan dilukis kan? Kalau mau melukis dengan cat minyak, ya perlu nyiapin kanvas. Kalau mau melukis dengan cat air ya perlu kertas gambar. Nah, kalau mau melukis dengan tata rias ya perlu nyiapin wajahnya dong…yang nantinya akan menjadi “kanvas” kami, para perias.

Mempersiapkan wajah ada 2 macam, persiapan jangka panjang dan persiapan jangka pendek. Menurut saya yang paling penting adalah persiapan jangka panjang, karena itu akan sangat menunjang persiapan jangka pendek yang baik dan optimal. Nah, penjelasannya begini:

  1. Persiapan jangka panjang: menyiapkan kulit wajah kita untuk selalu tampil segar, lentur, dan bersih-bercahaya. Caranya adalah dengan rajin-rajin melakukan pembersihan berkala (cuci muka, maskeran, facial), makan makanan sehat, menghindari alkohol dan rokok yang rawan membuat kulit dehidrasi, serta menggunakan produk perawatan kecantikan yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan  kulit kita.
  2. Persiapan jangka pendek: menyiapkan kulit untuk “dilukis” saat dibutuhkan. Caranya adalah dengan menggunakan serangkaian alat make up yang merupakan dasar make up, antara lain concealer, alas bedak, dan juga bedak. Kalau dasar make up sudah oke, kita tinggal enjoy aja membubuhkan warna sesuai yang kita inginkan/butuhkan😀

Kata senior saya di Oriflame, Mbak Wulan, dasar make-up itu sangat penting! Kalau dasar make-upnya enggak rata, pasti enggak oke hasilnya. Apalagi kalau difoto. Ini lah, pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah, agar kulit mudah untuk dirias. Saya pernah punya beberapa pengalaman merias kulit wajah yang menurut saya mengalami dehidrasi. Itu lho, yang jadinya tampak bersisik dan mengelupas (ada tekstur berwarna putih di kulit), sehingga dasar make up tidak dapat melekat sempurna… ih, sedih deh kalau gitu😦

Kali ini, saya akan mencoba mengulas tips dan trik persiapan make up jangka pendek dulu yah… “Senjata” apa saja yang kita perlukan?

  1. Concealer, gunanya sebagai penutup noda, untuk meratakan warna kulit wajah, atau sebaliknya, untuk membuat shading.
  2. Foundation atau alas bedak. Saya lebih suka pakai alas bedak cair karena akan lebih mudah untuk diaplikasikan serta dicampur dengan foundation seri lain atau warna lain, untuk disesuaikan dengan kondisi kulit. Ini nih yang biasa saya pakai…
  3. Loose powder atau bedak tabur, gunanya untuk menyerap kelebihan cairan (minyak atau air) dari wajah setelah pengaplikasian alas bedak, terutama alas bedak cair. Pengaplikasian bedak tabur ini lebih baik pakai kuas, karena selain dapat menjangkau celah-celah wajah juga dapat efektif masuk ke pori-pori. Kuasnya yang gede ya, yang khusus buat bedak. Lebih baik kalau memilih bedak tabur yang transluscent alias tak berwarna.
  4. Pressed powder atau bedak padat, gunanya untuk merapikan riasan dasar / basic make up yang sebelumnya sudah diaplikasikan ke wajah. Bedak padat ini diaplikasikan menggunakan saput atau spons, dan sebaiknya dengan teknik tepuk, yaitu ditepuk-tepukan ke wajah. Jangan diusap karena nanti dapat membuat efek belang karena ada sebagian foundation yang mungkin akan ikut tertarik. Pilihan pertama jatuh ke GG sublime pressed powder ini, saya suka sekali hasil akhirnya yang halus dan tahan lama. Di kulit juga nggak terasa tebal. Setelah itu, favorit saya yang kedua adalah Silky touch ini..

 

Nah, itu tadi tahapan melakukan tata rias dasar. Pastikan sebelum melakukannya, anda sudah membersihkan wajah terlebih dahulu dan membubuhkan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda. Hal ini akan menghindari kemungkinan dehidrasi pada kulit. Oiya, concealer cenderung memblokir minyak di wajah, jadi jika kulit anda sangat kering, saya sarankan untuk tidak menggunakan concealer dan pilihlah foundation/alas bedak bertekstur cair yang berbahan dasar air😀

 

Kalau tata rias dasar ini sudah berhasil, lanjutkan dengan “mewarnai” wajah anda menggunakan tata rias dekoratif yang anda perlukan.

Selamat mencoba…

😀😀😀

 

 

 

Nb: “Keterampilan” ini nggak bisa sekali jadi lho, lebih banyak berlatih akan lebih bagus…

3 thoughts on “Basic Make-up

  1. Pingback: Make-up Artist on My Wedding Day « Ideiswasti's Blog

  2. Pingback: Being make up artist for your own? Why not? « Ideiswasti's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s