(JUALAN) Gelang


Yuk, mari-mari sini… Mampir ke blog saya yuk… Silakan dibaca-baca, dilihat-lihat, diamat-amati, suguhan yang ada yaaa… *heeehehhehe…belajar jadi online marketer yang atraktif*

***

Harus saya akui, ilmu pemasaran saya payah! Saya ini terlalu pemalu, huufft… menjual diri saja nggak bisa, apa lagi menjual dagangan😦 Sebenarnya saya pengen lho jadi orang yang luwes gitu, yang bisa cas-cis-cus menawarkan ini-itu, tapi salah satu kendala besarnya adalah kenyataan bahwa SAYA INI TERLALU PEMIKIR! Lho, kok bisa? Iya, sebelum menawarkan sesuatu yang saya “bawa”, saya pasti mikir dulu —dan ini biasanya laaaamaaaa, sampe akhirnya saya batal berencana menawarkan— barang/jasa yang saya tawarkan itu bagus-enggak, berkualitas-enggak, awet-enggak, cocok-enggak sama yang mau beli, sampe-sampe saya mikir tu barang bermanfaat-enggak buat calon customer saya…

Pada akhirnya, pendapatan saya sebagai tenaga pemasar juga seret banget. Biasanya sih, hanya mereka yang sudah kenal baik dengan saya atau sudah mendapatkan testimoni yang baik-baik tentang kinerja saya lah yang akan memanfaatkan jasa saya atau memakai produk saya. Intinya lagi, SAYA INI PASIF😦

Saya sadar banget lho, ini adalah kelemahan yang harus dikikis…mengingat latar belakang akademik saya sebagai psikolog yang notabene adalah 100% penjual jasa lewat omongan, saya harus pintar-pintar menjual diri biar laku, biar dikenal orang, biar kerjaannya banyak. Iya kan???

Sebenarnya, apa sih penyebab rasa malu yang patologis ini? Menurut analisis saya sih, kecemasan sosial a.k.a social anxiety...dan sepertinya sudah mengarah ke social phobia, berhubung pikiran-pikiran irasionalnya kadang sudah mulai lebay😦

Padahal kalau mau menilai diri sendiri secara objektif, kerjaan saya bagus lho, dan tidak ada alasan untuk tidak pede dengan totalitas dan kualitas yang saya tawarkan.

Tidak bermaksud menyalahkan lingkungan ya, tapi sejauh yang saya ingat, saya tumbuh dalam lingkungan keluarga, masyarakat sosial, dan pertemanan yang pasif agresif sejak saya lahir sampe sekarang… beruntung selama di Jogja saya bertemu dengan sahabat-sahabat yang hebat dan bukan main suportifnya –setidaknya itu mengurangi beban kecemasan saya😀

Kultur pasif agresif  itu yang seperti apa???  Itu lho, yang terbiasa membicarakan orang lain di belakangnya (Jawa: ngrasani_red), trus munafik lain di bibir lain di hati, memberikan kritik yang menjatuhkan dengan bahasa yang sangat halus dan sopan, fitnah, adu domba, dan semacamnya…sampe terkadang sangat sulit untuk benar-benar mengetahui siapa kawan dan siapa lawan yang sesungguhnya.

Begitulah, memang tidak semua individu akan merespon stimulus dengan cara yang sama. Bagi orang lain, kultur tersebut mungkin tidak berdampak buruk sebagaimana ia berdampak buruk pada diri saya… Ya ndilalah, kehidupan saya memberikan saya pelajaran yang seperti ini…

Ya sutralah yaaaa… fakta memang ada, tapi tidak untuk diratapi terus menerus kan yaaa…

Beberapa hari terakhir, tampaknya saya kurang produktif… punggung saya sering terasa nyeri bila duduk terlalu lama😦 Dan hari ini saya membuat item yang paling gampang dibuat, yaitu gelang. Proses pembuatannya relatif singkat hanya dalam hitungan menit, teknik yang dibutuhkan juga teknik dasar, dan saya tidak perlu berpikir terlalu rumit tentang konsepnya, hihihihii… sederhana saja.

Btw, tahu nggak, pikiran irasional saya bilang apa sekarang? Dia bilang begini nih: “Alah, kalau sederhana gitu sih, semua orang juga bisa. Apa yang mau kamu tonjolkan sebagai kelebihan kamu?” WOW, benar-benar DESTRUKTIF! Ya, pikiran-pikiran seperti itu yang terus saya perangi selama ini… hadeh hadeeehh…

Oke, ini dia gelang-gelangnya… 3 pieces saja😀

How’s that?😀

Sederhana kan? Hehehehe…

One thought on “(JUALAN) Gelang

Leave a Reply

