Akhir Perjalanan di Magpro Psikologi UGM


Kalau boleh jujur, saya sebenarnya pada awalnya tidak berencana untuk kuliah lagi setelah lulus S1. Cita-citanya sih dulu mau nyari kerja sebelum menikah di usia 24 tahun. Saya lulus S1 umur 22 tahun tuh (2006), kalau kerja dulu barang dua tahun saja, rencananya menikah umur 24 tahun (2008). Pengennya umur 25 tahun udah punya anak gituh… ups!!!

Hahahahhahaa…

Namanya manusia boleh berencana ya, tapi nggak tahu nanti jadinya bakal seperti apa.. Ada prahara pada rumah tangga orang tua saya dan entah bagaimana saya memilih untuk kuliah lagi aja *ga nyambung ya??*. Saya memilih mengambil magister profesi karena cita-cita baru saya waktu itu adalah menjadi praktisi psikologi alias menjadi psikolog. Alhamdulillah diterima… balik lagi ke almamater๐Ÿ˜€. Alasannya sih biar nggak ribet pindahan lagi, kosnya tetap di kos lama. Selain itu, atmosfer belajarnya pun sudah saya pahami betul, plus budaya para dosen dan karyawannya…gimana enggak, lha sudah 4 tahun pula saya ngendon di situ, hihihihihiii….

Officially, saya masuk angkatan IV tahun ajaran 2007/2008, yang mana KBM-nya efektif dimulai bulan September 2007. Bidang konsentrasi yang saya pilih adalah psikologi klinis. Jangan tanya alasan ya! Soalnya saya juga nggak tahu pasti awalnya dulu mengapa saya ambil bidang itu. Ya merasa pas aja…

Masa-masa perkuliahannya sangat menantang, karena berbeda 180 derajat dengan masa kuliah S1 dulu…termasuk di dalamnya masa-masa praktek dan juga mengerjakan tesis. Akhirnya semua selesai juga…masa-masa perjuangan yang berat itu saya rindukan juga. Begitulah manusia. Ketika ada, kita inginkan tiada. Maka ketika tiada, kita rindukan keberadaannya. Ujian tesis saya tanggal 22 Desember 2009, tepat Hari Ibu ya? Tepat pula pada hari ini saya dinyatakan lulus. Ujian sempat mundur dari jadwal semula tanggal 16 Desember 2009, karena ada dosen penguji yang berhalangan hadir. Akibatnya saya batal wisuda bulan Januari 2010. Padahal, pada saat periode wisuda Januari itu banyak sekali teman sebidang saya yang wisuda…ada 10 orang…

Ki-ka: Vera, ELin, Maya, Oliph, Rina, Adib, Lusi, Tante Bun, Menur, dan Emy

 

Nggak papa ya, lagian kan waktu itu kondisi psikis saya lagi nggak oke tuh…masih untung saya bisa ujian tesis tepat waktu sebelum jadwal pembayaran SPP semester gasal, jadinya kan saya ndak terhitung buat mbayar SPP lagi๐Ÿ™‚ Lagipula, saya beruntung performa saya tetap baik saat ujian dan saya lulus dengan nilai A untuk tesis saya… Padahal saat itu saya sedang depresi…benar-benar depresi.

Akhirnya, saya ikut wisuda periode berikutnya, di bulan April 2010. Tidak mengurangi nilai saya tuh…hehehehe… ini dia temen-temen yang barengan wisudanya…

Ada Mumut, Widya, Fitri, Mbak Lis, Mas Yan, Putri, dan akyuu..

 

Btw, ada kesan juga ternyata wisuda April, karena saya diminta pihak Fakultas untuk mewakili teman-teman yang lain memberikan semacam pidato/sambutan…padahal saya juga nggak tahu mau ngomong apa hihihihihihihi…grogi pulak!

Saya sebenarnya agak terbebani juga dengan embel-embel “lulusan terbaik” ini… ya, karena sampai sekarang saya belum bekerja secara formal a.k.a ngantor gitu… sementara beberapa teman saya sudah bekerja di perusahaan, BUMN, universitas (negeri maupun swasta), rumah sakit, dan lain sebagainya… Yaaaa… semuanya kan ada jalannya masing-masing yaaaa… Mungkin jalan saya sekarang adalah menjadi ibu rumah tangga dulu, setelah itu entah apa lagi jalan yang harus saya lalui. Yang penting tetap optimissss…๐Ÿ˜€ Dan, mengabaikan “gonggongan anjing” kali yaaaa…..hihihihihihihihiiii…..

Hehehehe, setelah itu tak lupa poto-poto bareng temen-temen Magpro dari 3 bidang, Industri-Organisasi, Pendidikan, dan Klinis… total kami ber-16 waktu itu๐Ÿ˜€

Trus salam-salaman deh sama semua dosen yang hadir dan para tamu undangan… sama Pak Dekan juga๐Ÿ˜€ Pas banget, itu saya yang paling ujung pake jilbab pink/peach, hehehee… *eksis.com๐Ÿ˜›

Huhuhuhuhuhu…saya terharu juga hari itu (28 April 2010). Untuk kedua kalinya saya meninggalkan kampus Psikologi dan sepertinya akan butuh waktu yang cukup lama untuk kembali lagi ke sana, sebagai mahasiswa lagi maupun sebagai dosen. Entahlah, saya tidak merencanakan apapun untuk itu. Biarlah mengalir mengikuti alur yang telah disiapkan oleh-Nya.

 

 

๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

 

Leave a Reply

