Truly Venus


Tadi sore saya iseng membersihkan rak buku saya yg berdebu..sekaligus memilah-milah, buku apa yg akan saya tinggal di Jogja dan buku apa yg akan saya bawa jika saya pindah ke Salatiga setelah menikah nanti… Ketika sedang berpikir (a.k.a melamun hee..), mata saya tertuju pada buku kuning cerah yg nyempil di rak kedua..

Yup, it’s John Gray’s Truly Mars and Venus..🙂

Itu buku lamaaaa bgt! Saya membelinya di tahun 2004, tahun kedua-ketiga kuliah S1 saya di psikologi.. Sepertinya memang sejak awal saya tertarik dg topik hubungan interpersonal ini ya..hehe..

Kembali ke kejadian tadi sore… Entah mengapa saya tertarik utk membaca ulang buku itu dan mengabaikan buku terbaru Albom yg belum selesai2 saya baca. Saya turuti hasrat hati membuka lembar demi lembar buku kuning berilustrasi kartun itu..sambil senyam-senyum terus merengut, tergelak, cemberut dst… Saya berdialog dg diri sendiri🙂

Akhirnya, saat ini buku itu sudah tandas terbaca (lagi). Saya merefleksikan pd diri sendiri..bahwa kekeraskepalaan saya itu venus banget! Hahahahaha…

Di halaman 34, saya menemukan judul besar: “Wanita butuh perhatian, pria butuh kepercayaan.” Lalu, yg terlintas di pikiran saya..kalau laki-laki butuh kepercayaan, harusnya dia menjaga kepercayaan yg sudah diberikan dong ya??

Di halaman 37, Gray menuliskan: “Wanita butuh kesetiaan, pria butuh kekaguman.” Pikiran saya bertanya, “Bagaimana bisa perempuan mengagumi laki-laki yg sudah tidak setia padanya?? Hell-oo…”

Saya jadi geli sendiri dg isi kepala saya… Saya ini kok ngeyelan banget ya…
Lalu saya sampai di halaman 92.. Heading-nya “6 Tip untuk Berhenti Berusaha Mengubah Pria” dan saya menemukan fakta bahwa saya sering melakukan hal yg tidak dianjurkan oleh Gray…

Saya tertawa…

Saya jadi tersentil, banyak hal yg harus direnungkan lagi pelan-pelan dalam khidmat… Dan acara beberes menjadi pengingat bahwa saya memang harus terus belajar…

Leave a Reply

