friends


Aktivitas pagi ini diawali dengan membalas beberapa pesan dari teman-teman saya yang belum sempat saja balas sejak beberapa hari yang lalu…dan membaca pesan-pesan tersebut membuat saya tersadar pagi ini, bahwa banyak sekali orang yang menyayangi saya🙂. Mereka menghargai apa yang sudah saya lakukan… senangnya…

Saya jadi teringat Teori Medan Psikologis dari Kurt Lewin, bahwa kita memiliki lapisan-lapisan perlindungan untuk menjaga diri kita dari “masuk”nya orang-orang yang tidak kita inginkan dalam kehidupan psikologis kita. Jadi semacam sensor untuk memilih siapa yang akan disebut sahabat, siapa yang dianggap sekedar kenalan, siapa yang akan menjadi pasangan hidup, siapa saja keluarga inti, dan seterusnya…

Saya adalah individu yang terbiasa hidup sendiri sejak kecil. Kedua orang tua yang sibuk bekerja, ketiadaan saudara kandung (karena saya anak tunggal), hidup terpisah dari keluarga besar… membuat saya terbiasa sendiri, seperti lagu Caca Handika, “makan, makan sendiri..tidur, tidur sendiri… cuci baju sendiri..” Maka dari itu saya menjadi pribadi yang soliter, lebih nyaman sendiri.

Meski demikian, jauh di dalam hati saya… saya sangat menyayangi orang-orang di sekitar saya…
Dalam catatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa saya sangat menyayangi mereka. Meskipun jarang bertemu, meskipun berbeda kota, meskipun tidak dapat saling menyapa di dunia nyata…

Kepada para sahabatku, di mana pun kalian berada…

Terimakasih telah menjadi bintangku
Aku bersyukur telah mengijinkan kalian masuk dalam kehidupanku
Aku tidak menyesal telah berbagi rasa, impian, dan harapan bersama kalian
Bagiku, kalian sangat berarti
Aku bersyukur telah menjadikan kalian bagian dari pergulatan batinku
Aku tidak menyesal telah berbagi hati untuk menjadi cermin kita satu sama lain
Karena bagiku kalian begitu berharga
Terimakasih…

Jadi ingat lagi itu.. I’ll always be there-nya Brian Adams atau Kepompong-nya Sinden Tosca yang happening banget tahun lalu🙂
Terus jadi ingat juga quote dari Jacky Chan a.k.a Bob Ho di film Spy Next Door yang saya tonton semalam…

“Keluarga tidaklah harus orang-orang yang bertalian darah denganmu.. Siapapun orang yang kau cintai dan mencintaimu adalah keluargamu”

***

Saya tidak punya kakak atau adik kandung, orang tua saya tinggal terpisah dan mereka juga tinggal terpisah dari saya, tapi saya merasakan kehangatan yang begitu kuat di sini… Para sahabat telah menjadi kakak, adik, saudara yang tidak pernah saya miliki dan berbagi segalanya tentang hidup ini, ayah dan ibu saya meski berpisah,saya tahu mereka menyayangi saya dengan segala keterbatasan mereka sebagai manusia.. maka dari itu, saya sangat beruntung.. saya menikmati hari ini dan hari-hari selanjutnya bahwa Tuhan menghadirkan mereka semua sebagai teman seperjalanan saya…

Leave a Reply

